Pengenalan CPU, Peripheral dan Software

CPU,PERIPHERAL DAN SW

CPU,PERIPHERAL DAN SW

Tujuan :   siswa mampu mengenal dan memahami tentang Central Processing Unit, Peripheral komputer serta Software.

 A.     Central Processing Unit (CPU)

CPU (Central Processing Unit) jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti Unit Pengolahan Pusat. Merupakan tempat pemrosesan instruksi -instruksi program. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer.

 Apa saja isi Cpu ?

Harddisk

Merupakan tempat menyimpan data pada Cpu. Jika harddisk dibuka, maka didalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah harddisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (BG) hingga 80 GB. Satu GB sama dengan 1000 megabyte, sedangkan 1 megabyte sama dengan 1000 kilobyte. Mengingat besarnya kemampuan harddisk menudahkan kita menyimpan data.

Floppy Disk Drive

Floppy disk drive adalah alat untuk membaca atau menulis pada sebuah disket. Beberapa tahun yang lalu, masih banyak orang yang menggunakan floppy disk berukuran 5 ¼ inchi (disket besar), yang menyimpan data sebanyak 700 kilobyte. Saat ini disket besar sudah digantikan dengan disket kecil yang berukuran 3 ½ inchi dengan kapasitas menyimpan data sebesar 1,4 Megabyte.

CD-ROM drive

Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disk (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpanan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis/menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW ( CD Read and Write atau CD baca dan tulis).

Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.

Memori

RAM : semua data dan program yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memori, khususnya di RAM (Random Acces Memory).

ROM   : memori ini hanya dapat membaca saja, tapi pada perkembangannya ROM dimodifikasi dengan program sehingga bukan saja hanya membaca tapi juga dapat diprogram oleh pengguna.

Kartu Grafis

Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran)komputer ke monitor. Untuk menggambar/design graphic ataupun untuk bermain game.

Kartu Suara

Perangkat ini berguna untuk mengeluarkan suara. Kalau kita sedang mendengaran musik atau bermain game, kartu ini sangat bermanfaat.

 Motherboard

Motherboard atau disebut papan induk, berfungsi untuk tempat semua alat utama CPU. Bentuk sebuah motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Prosesor

Ini adalah Brain (otaknya) komputer. Prosesor berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus dilakukan oleh komputer. Kekuatan prosesor diukur dari frekuensinya. Sampai saat ini sudah mencapai 2 GHz (Giga Hertz)

Jika komputer dihidupkan, maka prosesor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh karena itu setiap prosesor saat ini sudah dilengkapi dengan besi penyalur panas (head sink) dan kipas pendingin saat ini prosesor yang banyak digunakan adalah Intel, AMD dan IBM.

 Prosesor Sebagai Salah Satu Komponen Terpenting.

Prosesor merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem komputer. Prosessor acapkali disebut sebagai otak komputer, meskipun penyebutan seperti itu tidak tepat sepenuhnya. Prosesor hanya bertindak sebagai mesin pemroses. Prosesor memegang peran yang sangat penting dalam sistem komputer dalam berbagai aspek sebagaimana dapat dilihat sebagai berikut :

Kinerja

Tipe prosesor yang digunakan akan mempengaruhi kinerja sistem komputer. Kemampuan sebuah prosesor menentukan kinerja maksimum yang dapat dicapai oleh sistem komputer.

Dukungan perangkat Lunak

Prosesor yang lebih cepat memungkinkan pemakaian perangkat lunak terbaru ataupun fitur terbaru. Sebagai contoh, prosesor Pentium dengan teknologi MMX (MultiMedia eXtension) menyediakan kemampuan untuk melaksanakan dan menguraikan kembali video, melaksanakan enkripsi, dan bahkan memproses masukan/keluaran. Teknologi MMX memungkinkan pemakaian perangkat lunak khusus yang tidak didukung oleh jenis prosesor generasi sebelumnya.

Keandalan dan stabilitas

Salah satu pendukung keandalan dan stabilitas sistem komputer adalah kualitas prosesor. Sebagai contoh, salah satu jenis prosesor Pentium mengalami kesalahan dalam proses arithmatika karena kesalahan desain. Begitu juga terdapat sebuah prosesor tertentu yang sering menyebabkan komputer macet dan bahkan prosesor terbakar.

Pendingin dan konsumsi energy

Awalnya prosesor hanya mengkonsumsi daya listrik yang relatif kecil daripada komponen yang lain. Namun dalam perkembangan selanjutnya, prosesor justru menghabiskan daya listrik yang lebih besar daripada generasi sebelumnya. Tentu saja keadaan ini menyebabkan prosesor cepat panas dan karena itu diperlukan sistem pendingin yang lebih baik.

Dukungan Motherboard

Adanya berbagai prosesor yang beredar menimbulkan kebutuhan motherboard yang sesuai. Sementara itu, motherboard sendiri menentukan kemampuan dan kinerja sistem.

 Sejarah Singkat Mikroprosesor

Mikroprosesor yang pertama kali diciptakan yaitu Intel 4004, yang diperkenalkan pada tahun 1971. prosesor ini sangat sederhana, hanya bisa melakukan operasi sebesar 4 bit per waktu. Aplikasi prosesor ini adalah untuk menyusun kalkulator elektronik portabel.

Mikroprosesor yang pertama kali digunakan untuk komputer rumah adalah intel 8080 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1974. prosesor ini berukuran 8 bit. Digunakan pertama kali pada kit Altair. Kit buatan MITS yang diperkenalkan pada tahun 1975 inilah yang dianggap sebagai cikal bakal komputer personal yang pertama. Namun yang dinamakan PC seperti yang sekarang diperkenalkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1982, yang disebut IBM PC. Komputer ini menggunakan prosesor Intel 8088 yang sebenarnya telah diperkenalkan pada tahun 1979

Mikroprosesor yang digunakan pada PC dari waktu ke waktu juga berubah. Secara kronologis, prosesor-prosesor yang digunakan sampai pada akhir tahun 2002 adalah 8088, 80286, 80386, 80486, Pentium, Pentium II, pentium III, dan Pentium IV. Sebagai bahan perbandingan, prosesor pentium IV mempunyai kecepatan 5000 kali lebih cepat daripada prosesor 8088


Tabel daftar berbagai prosessor keluaran Intel:

Nama Thn Transistor

(ribu)

Kecep.
Clock
Lebar

Data

(bit)

Lebar BusData

(bit)

Lebar Bus

Alamat

(bit)

MIPS
8080 1974 6 2 MHz 8 8 20 0.64
8088 1979 29 5 MHz 16 8 20 0.33
80286 1982 134 6 MHz 26 16 24 1
80386 1985 275 16 Mhz 32 32 32 5
80486 1989 1.200 25 MHz 32 32 32 20
Pentium 1993 3.100 60 MHz 32 64 32 100
Pentium II 1997 7.500 233 MHz 32 64 36 -33
Pentium III 1999 9.500 450 MHz 32 64 36 -510
Pentium 4 2000 42.000 1.5 GHz 32 64 36 -1.700

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang data pada tabel di atas :

  • Tahun menyatakan tahun saaat prosesor dirilis yang pertama kali. Perlu diketahui umumnya prosesor dengan nama yang sama dikembangkan beberapa kali. Sebagai contoh, kecepatan pentium 4 ketika pertama kali dipublikasikan adalah 1,5 GHz, tetapi pada akhir tahun 2002 telah mencapai di atas 2 GHz.
  • Transistor menyatakan jumlah transistor yang terkandung dalam sebuah cip
  • Keepatan Clock menyatakan jumlah pulsa yang dapat dibangkitkan oleh clock yang memicu prosesor.
  • Lebar data menyatakan lebar dari ALU (bagian dalam prosesor yang menangani pemrosesan arithmatika dan logika).
  • MIPS (Million of Instructions Per Second) menyatakan jumlah jutaan instruksi per detik yang dapat ditangani oleh prosesor.

Aneka Prosesor

Perusahaan yang membuat mikroprosesor tentu tidak hanya Intel. Perusahaan lain seperti Motorola, Fujitsu, dan IBM juga memproduksi mikro prosesor. Namun di lingkungan PC, Intel memang yang mendominasi. Beberapa contoh mikroprosesor dari berbagai vendor dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tabel Daftar beberapa Prosesor

Prosesor Keterangan
R4x000 Mikroprosesor 64 bit ini memiliki bus dengan alamat 36 bit. Digunakan untuk workstation. Pembuatnya adalah MIPS Technology
Alpha AXP Mikroprosesor 64 bit bisa digunakan untuk Windows NT, OSF/1, dan Open VMS. Pembuatnya adalah Digital Equipment Corporation
PowerPC Merupakan produk dari beberapa perusahaan (IBM, Motorola,, dan Apple Computer). Digunakan antara lain pada server dan workstation IBM RS/6000
SPARC Seperti halnya PowerPC, SPARC dibuat oleh beberapa perusahaan. Misalnya HyperSPARC (Ross Tecnology), SPARClite (Fujitsu), UltraSPARC (Sun Microsystems). Digunakan untuk server, workstation, laptop.
Duron Digunakan pada PC, dibuat oleh AMD
Athlon Digunakan pada PC, dibuat oleh AMD
Celeron Digunakan pada PC, dibuat oleh Intel

CARA KERJA PROSESOR

CPU terdiri dari dua bagian utama, yaitu : unit kendali (control unit) dan unit arithmatika dan logika (Arithmatic and Logic Unit).

  • Control Unit mengartikan instruksi-instruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main memory, mengambil data dari main memory untuk diolah. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, control unit mengirim instruksi tersebut ke arithmatik and logical unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa oleh control unit ke main memory untuk disimpan. Dengan demikian tugas dari Control Unit adalah sebagai berikut:
  1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  2. Mengambil instruksi-instruksi dari main memory.
  3. Mengambil data dari main memory kalau diperlukan oleh proses.
  4. Mengirim instruksi ke arithmatik and logical unit bila ada perhitungan arithmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari arithmatic and logical unit
  5. Menyimpan hasil proses ke main memory.

Arithmatic and Logical Unit (ALU), tugas utamanya adalah melakukan semua perhitungan arithmatik atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi aritmatik yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.

Disamping dua bagian utama tersebut, CPU memiliki sejumlah register.

Register adalah memori dalam CPU yang mempunyai kecepatan sangat tinggi, yang digunakan untuk berbagai operasi dalam CPU. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lain yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di main memory. Secara analogi register ini dapat diibaratkan dengan ingatan di otak bila anda melakukan pengolahan data secara manual. Konsep penting yang mempengaruhi kecepatan dari prosesor adalah ukuran dari register.

B.     Perangkat Keras

Sebuah subsistem dari sistem komputer yang terdiri dari alat masukan(input device),  alat pemroses(Processing Device), alat keluaran (output device) dan alat simpanan (storage).

Hubungan antar komponen-komponen perangkat keras dapat djelaskan sebagai berikut ini, data dan program dimasukkan lewat perangkat keras masukan ke dalam RAM di alat pemroses. Data dan program selanjutnya dapat disimpan (save) di alat simpanan luar. Jika data dan program sebelumnya sudah disimpan di simpanan luar, maka tidak perlu dimasukkan lagi lewat alat masukan, tetapi dapat diambil (load) dari RAM. Data dan program yang sudah ada di RAM akan diproses oleh prosesor. Hasil pengolahan akan ditampilkan di alat keluaran.

 C.    Perangkat Lunak

Perangkat lunak merupakan komponen non fisik dari suatu sistem komputer yang memungkinkan komputer dapat berfungsi. Dalam pengertian sempit perangkat lunak merupakan program komputer yang memungkinkan komputer bekerja sesuai dengan kemauan pemakai yang dituangkan dalam sederet instruksi perintah. Secara luas perangkat lunak termasuk semua ketentuan dan prosedur yang dibuat pemakai ataupun perusahaan komputer yang berfungsi untuk melancarkan kegiatan suatu sistem komputer.

Kemampuan suatu komputer antara lain diukur dari kemampuan perangkat lunaknya bukan dari bentuk dan keindahan fisik mesin komputernya. Oleh karena itu biasanya perusahaan komputer mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk penelitian dan pengembangan kemampuan perangkat lunak tersebut.

PENGELOMPOKAN PERANGKAT LUNAK

BERDASARKAN FUNGSINYA, perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua golongan,yaitu

1.  PERANGKAT LUNAK APLIKASI

2.  PERANGKAT LUNAK SISTEM

 1.      PERANGKAT LUNAK APLIKASI (application software)

adalah program yang ditujukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu yang sudah dibuat oleh pabrik pembuat perangkat lunak aplikasi. Program aplikasi dibuat dengan menggunakan perangkat lunak bahasa (language software). Perangkat lunak aplikasi dapat berupa perangkat lunak aplikasi tujuan umum (general application software) dan perangkat lunak aplikasi tujuan khusus (special purpose application software).

  1. a.      Perangkat Lunak Aplikasi Tujuan Umum (general purpose application software)ditulis untuk keperluan kebanyakan pemakai komputer secara umum. Aplikasi yang banyak dibutuhkan secara umum.

Contoh dari perangkat lunak aplikasi tujuan umum adalah aplikasi pengolah kata (word processing), kertas kerja elektronik (spreedshet), DBMS (Data Base Management System), pengolah grafik (graphic editor), komunikasi (Ms.Outlook), Presentasi graphic (graphick presentation) dan lain sebagainya. Program – program paket aplikasi tujuan umum ini juga dikategorikan sebagai kelompok bahasa generasi ke empat, karena juga menyediakan bahasa yang dapat digunakan oleh pemakai komputer untuk keperluannya, misalnya pengolah kata menyediakan HTML, kertas kerja elektronik menyediakan fungsi-fungsi perhitungan, DBMS menyediakan bahasa kueri, pengolah grafik menyediakan bahasa grafik.

  1. b.      Perangkat lunak aplikasi tujuan khusus (special purpose application software)ditulis untuk keperluan khusus. Aplikasi khusus di organisasi bisnis yang banyak dibutuhkan.

Contoh dari perangkat lunak aplikasi Tujuan khusus adalah aplikasi buku besar (general ledger), pengendalianpersediaan (inventory control) dan lain sebagainya.   

( menurut : Yogiyanto HM, Andi offset Yogya)

 Perangkat Lunak Aplikasi dapat digolongkan menjadi :

  1. a.      Perangkat Lunakhiburan

Perangkat lunak hiburan mencakup program-program permainan (game). program untuk memainkan musik (misal WinAmp) dan program untuk memainkan film (misal Xing)

  1. b.             Perangkat Lunak Pendidikan

Perangkat lunak pendidikan berguna untuk mempelajari/ mereferensikan suatu pengetahuan

Yang termasuk dalam kategori ini adalah : program kamus, ensiklopedi, pelajaran bahasa asing  (misal Learn to speak German) dsb.

  1. c.       Perangkat Lunak Produktifitas kerja

Perangkat lunak produktifitas kerja berguna untuk meningkatkan produktifitas kerja pemakai.

  1. d.      Perangkat Lunak Bisnis

Perangkat lunak bisnis digunakan untuk menangani aplikasi bisnis, misal berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory kontrol), pencatatan dan pembayaran piutang (account receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis)

  1. Perangkat Lunak Khusus / Software Suite

Perangkat lunak khusus atau disebut dengan software suite adalah kumpulan beberapa program yang di kemas menjadi satu.

Beberapa contoh yang terkenal adalah MsOffice, merupakan produk yang terdiri atas sejumlah program seperti MsWord (aplikasi pengolah kata) MsExcel (aplikasi lembar kerja elektronik) MsAccess (aplikasi manajemen basis data) MsPowerPoint (aplikasi presentasi) serta MsOutlook (Aplikasi personal informasi manajemen/komunikasi)

    (Menurut :Abdul kadir& Terra ch.Triwahyuni, Andi Offset Yogya)

  1. PERANGKAT LUNAK SISTEM (system software),

atau kadang disebut dengan perangkat lunak pendukung (support software) yaitu perangkat lunak yang mengoperasikan sistem komputernya. Digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer baik yang bersifat internal misalnya RAM maupun eksternal misalnya printer.  Perangkat lunak sistem dapat dikelompokkan lagi menjadi 4 bagian sebagai berikut:

  1. a.      Perangkat lunak Sistem Operasi (operating system)

Merupakan perangkat lunak yang fungsi sepenuhnya adalah untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan operasi dari sistem komputer. Sistem operasi terdiri dari :

–          Program Kontrol, yang berfungsi untuk mengontrol seluruh kegiatan sistem komputer.

–          Perpustakaan sistem atau disebut system library, terdiri dari program-program yang melakukan fungsi untuk pemakai.

Contoh dari perangkat lunak sistem operasi adalah: windows, Unix, Linux, dan sebagainya.

  1. b.      Perangkat lunak sistem bantuan ( utility)

Merupakanprogram yang dipakai secara langsung oleh pemakai komputer untuk melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan pengendalian/ pengalokasian sumber daya dalam sistem komputer. Misalnya Scandisk pada Windows, disk CleanUp, Disk Defragmenter secara otomatis disertakan pada komputer ketika program windows di instal, namun ada kalanya anda harus menginstalnya tersendiri karena memang bukan bagian sari sistem operasi,sebagai contoh program anti virus keluaran McAffee bukanlah bagian dari Windows, berfungsi untuk mencegah dan membersihkan virus dan lain sebagainya.

  1. c.       Perangkat Lunak  Device Driver

Merupakan program yang berfungsi untuk membantu komputer mengendalikan piranti-piranti peripheral, sebagai contoh jika anda menghubungkan printer ke komputer biasanya anda perlu menginstal program bawaan printer agar komputer bisa mengenali printer tersebut. Program seperti itulah yang disebut Device Driver.

  1. d.      Perangkat Lunak Bahasa (Language software)

Merupakanprogram yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer. Sebagai contoh sistem operasi  Linux dibuat dengan menggunakan bahasa C.

Kedudukan  program/ perangkat lunak ini umumnya sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer. Itulah sebabnya peran perangkat lunak/program sistem kadangkala tidak terlihat secara langsung. Adapun yang tampak secara langsung seperti perangkat lunak aplikasi adalah Utilitas

  1. PERANGKAT LUNAK SISTEM OPERASI

Sistem Operasi (operating system atau banyak disebt dengan singkatan OS) merupakan program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan operasi dari sistem komputer.

Sistem Operasi berfungsi seperti manajer di dalam suatu perusahaan, yaitu bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan semua operasi kegiatan perusahaan secara efisien dan efektif.  Suatu komputer dapat menggunakan satu atau lebih OS. Suatu OS mungkin hanya dapat digunakan untuk satu merk komputer saja atau dapat diterapkan pada beberapa merk komputer.

Apple DOS merupakan contoh suatu OS yang hanya dapat digunakan pada komputer Apple, sedang CP/M, MS-DOS, Windows dan UNIX merupakan contoh OS yang dapat diterapkan pada beberapa merk komputer.

Komponen Sistem Operasi

Sistem Operasi umumnya terdiri dari dua bagian, yaitu:

1. Control Program, bagian ini terdiri dari 2 bagian lagi yaitu:

  • Yang tersimpan di ROM (resident program)
  • Yang tersimpan di simpanan luar (transient program)

Bisa tersimpan di disk(disebut disk operating system/DOS) ataupun tersimpan  di tape (disebut Tape Operating system/TOS)

Misal SO IBM PC-DOS (IBM Personal Computer Disk Operating System) yang digunakan pada komputer IBM PC. Control  program yang terletak di ROM yang disebut dengan nama BIOS (Basic Input Output System) dan bootstrap program, dan yang tersimpan di diskette terdiri dari 2 file yaitu dengan nama file IBMBIO.COM dan IBMDOS.COM sebagai berikut :

–   Bootstrap program untuk mengambil bagian OS lainnya yang ada di disk.

–   BIOS dan IBMBIO.COM berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasikan alat-alat I/O  dasar, seperti keyboard, printer, dan alat-alat  I/O lainnya.

–   IBMDOS.COM berfungsi mengatur dan mengkoordinasikan disk

2. User Interface.

Untuk SO Windows, User Interface disebut dengan GUI (Graphical User Interfaces) yang menggunakan icon, menu, tombol-tombol, kotak-kotak, dan operasi mouse dan keyboard sebagai penghubung (interface) antara pemakai (user) dengan sistem komputer.

Fungsi SO adalah sebagai berikut :

1. Fungsi Alokasi Sumber Daya. Sistem operasi mengalokasikan sumber daya perangkat keras kepada program yang sedang menunggu untuk dieksekusi. Sistem operasi akan mengalokasikan program dan data yang mendapatkan prioritas diproses di memori utama (RAM) dan juga mengalokasikan penggunaan I/O seperti misalnya printer dan alat telekomunikasi.

2.  Fungsi Penjadwalan Sumber Daya. SO mempunyai fungsi untuk mengatur penjadwalan pekerjaan mana saja yang akan dikerjakan dan peralatan mana saja yang akan digunakan. Misal : selama CPU memproses suatu program, sistem operasi dapat menjadwalkan untuk menggunakan printer, dan merekam beberapa data ke harddisk pada saat bersamaan. Tidak semua pekerjaan akan dikerjakan oleh SO sesuai dengan urutan masuknya, tetapi lebih dipentingkan prioritas pemanfaatan sumber daya yang paling optimal.

3.  Fungsi Pengawasan terhadap Aktifitas sistem komputer.

SO akan melakukan pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh komputer serta pemakai sistem. Sistem operasi juga akan melakukan pengawasan keamanan dari sistem komputer.

 

Beberapa daftar Sistem Operasi yang populer pada PC

Sistem  Operasi Keterangan
DOS DOS adalah singkatan dari Disk Operating System. Merupakan sistem operasi yang awalnya dipakai pada IBM PC (disebut PC-DOS) dan PC yang kompatibel dengan IBM PC (disbeut MS-DOS). Versi DOS yang pertama dirilis tahun 1982 dikemas dalam sebuah disket. Pada saat ini, sistem operasi ini hampir tidak digunakan lagi.
Windows95/Windows98/

Windows Me/

Windows XP

SO dengan antar muka grafis yang dibuat oleh Microsoft. Dapat digunakan untuk membentuk team kerja (workgroup) dengan membuat jaringan sederhana. Dapat digunakan sebagai client/server.Sistem operasi ini mendukung Plug and Play, yaitu suatu kemampuan yang secara otomatis dapat mengkonfigurasi perangkat keras baru yang ditambahkan ke dalam sistem komputer.
Windows NT/Windows 2000 SO dengan antar muka grafis ini biasa digunakan sebagai server. Windows NT(kependekan dari New Technology) dirilis pertama kali 1993. pada tahun 2000, Windows 2000 diluncurkan untuk mengganti Windows NT versi 4.0
Novell NetWare Merupakan SO LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal yang sangat terkenal sebelum Windows NT muncul.
UNIX  UNIX adalah keluarga sistem operasi yang dapat digunakan untuk berbagai platform komputer, dari PC hingga mainframe. Beberapa contoh sistem operasi yang termasuk UNIX adalah : AIX (IBM), Digital Unix (DEC), dan solaris (Sun Microsystems). Dilingkungan PC antara lain terdapat Solaris dan SCO Unix.
Linux Sistem Operasi semacam UNIX ini diciptakan oleh Linux Trovalds. Sangat populer di lingkungan PC dan telah menjadi pesaing sistem Windows semenjak akhir tahun 1990-an. Sistem operasi ini tergolong open source. Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap iorang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan perangkat lunak tentu perangkat lunak tsb akan segera berevolusi menuju kesempurnaan.

 

  1. PERANGKAT LUNAK SISTEM BANTUAN (UTILITY)
  • Program Untuk Pencadangan,

pencadangan( backup) berarti menyalin program/ data yang terdapat pada harddisk komputer ke suatu piranti penyimpanan eksternal (misal: pita magnetik atau CD-RW) dengan tujuan agar sekiranya terjadi kerusakan pada harddisk komputer maka salinan tersebut dapat digunakan. Di lingkungan  Windows seperti Norton BackUp (dari Symantic).

  • Program Pemulihan Data,

berfungsi melakukan perbaikan/ pemulihan data yang sudah rusak secara fisik. Contoh Norton Utilities merupakan program pemulihan data yang berisi kumpulan program yang berguna untuk membetulkan kerusakan pada harddisk.

  • Program Anti Virus.

Berguna untuk menangani penularan virus dalam komputer. Beberapa program anti virus dapat melakukan pencegahan terhadap penularan virus. Contoh Norton Anti Virus,  McAffee Virus Scan.

  • Program Kompresi Data.

Kompresi data merupakan upaya yang dilakukan pemakai komputer dengan tujuan agar berkas yang berukuran besar dapat disimpan dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Tindakan ini sering kali delakukan dengan tujuan agar berkas yang berukuran lebih besar dari kapasitas dapat disimpan/ di transfer dari satu lokasi ke lokasi yang lain dengan cepat. Contoh WinZip, untuk linux terdapat utility yang bernama gZip.

  • Program untuk melakukan Defragmentasi.

Defragmentasi adalah upaya menghilangkan fragmentasi. Fragmentasi adalah keadaan yang membuat bagian dari berkas-berkas pada harddisk atau disket tidak berada pada lokasi yang bersebelahan melainkan berserakan pada berbagai sektor yang berjauhan. Pengaruh dari keadaan ini adalah membuat pengaksesan terhadap berkas menjadi lambat. Contoh Disk Defragment pada Windows

  • Pemformat Disk.

Memformat disk adalah tindakan yang dilakukan untuk menyiapkan disket/ harddisk agar biasa digunakan untuk menyimpan data/ program. Untuk melakukannya anda bisa menggunakan program pemformat disk. Contoh program pemformat disk yang ada pada Windows ataupun pada Linux.

 

  1. DEVICE DRIVER

Device driver adalah perangkat lunak yang berfungsi membantu komputer mengendalikan piranti peripheral. Perangkat lunak ini biasanya disediakan vendor yang memproduksi perangkat keras. Sebagai contoh ketika akan memasang perangkat keras seperti modem, printer atau scanner, anda perlu menginstal device driver supaya perangkat keras tersebut dapat berfungsi dengan baik.

  1. PERANGKAT LUNAK BAHASA

Klasifikasi Bahasa Pemrograman

1)      PL Bahasa Pemrograman Generasi I

Berorientasi pada mesin. Program disusun dengan menggunakan bahasa mesin. Tentu saja program generasi ini sangat sulit untuk dipahami.oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrogram harus benar-benar menguasai operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi yang sangat cepat.

Misal untuk menuliskan interuksi penampilan tanda * pada layar, dalam bahasa mesin yang diterapkan pada IBM PC yang berbasis Sistem Operasi DOS adalah :[CD21 atau 11001101 0010 0001 jalankan interupsi 21 heksadesimal tampak bahwa bahasa mesin lebih panjang dan sulit dimengerti dibandingkan kode dalam bahasa yang berorientasi manusia.

2)      PL Bahasa Pemrograman Generasi ke II

Menggunakan  bahasa rakitan (assembly) sebagai pengganti kode biner, digunakan kependekan dari kata-kata.

Misal MOV untuk menyatakan “Move”.

Setiap instruksi dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.

3)      PL Bahasa Pemrograman Generasi ke III

Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia. Seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu ke layar, READ untuk membaca data dari keyboard dsb. Beberapa contoh yang termasuk dalam kategori bahasa generasi ke tiga yaitu : C, BASIC, COBOL, FORTRAN dan PASCAL.

4)      PL Bahasa Pemrograman Generasi Ke 4.

Dirancang untuk mengurangi waktu pemrogram dalam membuat program sehingga diharapkan produktifitas pemrogram meningkat dan program dapat dibuat dalam waktu yang lebih pendek. Bahasa pemrograman generasi ke 4 menggunakan pendekatan non prosedural (singkat dan tidak perlu langkah yang bersifat prosedural)

Misal perintah SQL : Select nama from Pegawai

Where kota=”Solo”               Non Prosedural

Use Pegawai

Set filter to kota=”Solo”

Go Top

Do while .not. EOF()         prosedural

Display nama                     langkah sangat

Skip                                 detail

Enddo                                 terlalu teknis

use

kedua perintah sama-sama digunakan untuk memperoleh data tentang pegawai.

Contoh bahasa pemrograman generasi ke 4 adalah Oracle, Access dsb.

5)      Bahasa Pemrograman Generasi ke V.

Merupakan kelompok bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelegence). Kecerdasan buatan adalah disiplin dalam ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia. Berbagai aplikasi kecerdasan manusia adalah sebagai berikut :

  • Pemrosesan bahasa alami, yaitu mengatur komputer agar bisa berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia (Inggris, Spanyol, Indonesia dsb)
  • Pengendalian Robotika dengan sensor mata dsb.

PENGELOMPOKAN PERANGKAT LUNAK BERDASARKAN CARA MENDAPATKAN PERANGKAT LUNAK DAN HAK PEMAKAIAN.

Jenis PL Keterangan
PL Komersial Perangkat lunak harus beli. Dijual secara komersial. Ada hak ciptanya. Contoh Microsoft Office dan Adobe Photoshop.
PL Domain-Publik Perangkat  lunak bersifat gratis dan tidak ada hak cipta.memungkinkan siapa saja melakukan tindakan apa saja terhadap program, termasuk membuang nama penciptanya dan memperlakukannya sebagai karya ciptanya sendiri. PL seperti ini umumnya berupa kode sumber dan banyak dijumpai di internet.
Shareware Bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun, diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus menerus. Seringkali ada hak cipta tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja. Tujuan dari shareware adl untuk mendapatkan bantuan dana dari pemakai guna pengembangan lebih lanjut. Situs yang menyediakan shareware adalah http://www.shareware.com/ dan www.asp-shareware.com/.
Freeware Perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa perlu membayar sama sekali. Alasan pembuatan freeware adl:1) sebagai penarik bagi pemakai untuk memberi versi lebih lanjut yang bersifat komersial. 2)pembuat menginginkan tanggapan dari pemakai sehingga ia dapat mengembangkannya ke versi yg lebih bagus. 3)Pembuat ingin menyebarluaskan karyanya supaya ia menjadi terkenal, dan 4)pembuat benar-benar ingin membantu pemakai dlm melaksanakan tugas tertentu tanpa perlu membeli PL komersial. Situs penyedia freeware dan juga shareware.seperti http://www.bestdownload.com/ dan http://www.simtel.net/
Rentalware Perangkat lunak yang dapat digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara menyewa. Ada hak cipta
Free software Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai (sepanjang lisensi memperkenankannya). Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah. Sebuah program disebut free software jika: 1)pemakai memiliki kebebasan menjalankan program utk tujuan apa saja. 2)pemakai memiliki kebebasan memodifikasi program sesuai kebutuhan. Oleh karena itu kode sumber harus tersedia. 3)pemakai memiliki kebebasan mendistribusikan kembali salinan program, baik scr gratis maupun dengan bayaran. 4)pemakai bebas mendistribusikan versi program yang telah dimodifikasi sehingga komunitas dapat memperoleh manfaat dari pengembangan tsb.
Open Source Serupa dengan free software.  Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dlm mengembangkan suatu PL tentu PL tsb akan segera berevolusi menuju tingkat kesempurnaan.

(Menurut :Abdul kadir& Terra ch.Triwahyuni, Andi Offset Yogya)

D. BRAINWARE

Sumber  daya manusia yang menangani suatu sistem  komputer disebut dengan brainware. Ditinjau dari aspek spesialisasi fungsinya, semula tenaga teknisi komputer ini pada dasarnya dapat digolongkan ke dalam tiga golongan utama yaitu sistem analis, pemrogram atau programer, dan operator. Masing-masing kelompok keahlian tersebut diklasifikasikan lebih terinci sebagai berikut :

  1. Analis sistem/ desainer sistem aplikasi komputer

Terdiri dari Spesialis prosedur, spesialis sistem informasi manajemen (management information system/ MIS), dan spesialis analis dan desain sistem.

Bertugas mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh pemakai untuk menganalisa permasalahan atau mencari cara pemecahannya, aktifitas selanjutnya adalah merencanakan dan membuat suatu sistem pemecahan masalah yang terjadi.

  1. Programmer

Terdiri dari pemrograman aplikasi dan pemrograman sistem operasi.

Untuk menjadi promrammer terlebih dahulu harus berbakat, memiliki ketrampilan yang baik dalam bidang pekerjaannya.

  1. Operator

Terdiri dari operator komputer.

Orang yang secara langsung dan secara fisik menangani komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s