Pengenalan Infrastruktur Teknologi Informasi

INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI

INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI

Tujuan :   siswa mampu memahami infrastruktur teknologi informasi

 

Infrastruktur Teknologi Informasi terdiri dari fasilitas- fasilitas fisik, jasa dan manajemen yang mendukung seluruh sumber daya komputer. Komponen utamanya adalah perangkat keras komputer, perangkat lunak komputer, fasilitas jaringan dan komunikasi, database teknologi informasi.

Perangkat keras komputer

Perangkat lunak computer

A.    Perangkat Keras Input dan Output

Alat input dan output ini terdiri dari terminal, alat input dan output audio, serta alat input dan output video.

1.   Terminal

merupakan alat yang dapat berfungsi sebagai input dan output. Terminal dapat dikelompokkan dalam dua fungsi, yaitu terminal yang berfungsi umum dan terminal yang berfungsi khusus. Terminal yang berfungsi umum antara lain Video Display Terminal (VDT), Dumb Terminal, dan telepon. Sedangkan terminal yang berfungsi khusus antara lain Automatic Teller Machine (ATM) dan Point Of  Sale (POS).

Video Display Terminal dikenal sebagai Cathode-Ray Tube (CRT), terdiri dari alat input berupa keyboard dan alat output berupa monitor.

Dumb Terminal  adalah terminal yang hanya mempunyai kemampuan kecil dalam memproses data, yang dapat anda  lihat dirumah sakit atau di bandara, hanya menampilkan teks dan harus dihubungkan dengan prosesor multi user, misalnya mainframe komputer.

Terminal fungsi khusus jumlah dan variasinya berkembang dengan cepat. Terminal fungsi khusus dirancang untuk aplikasi khusus. Dalam pelayanan perbankan dikenal Automatic Teller Machine (ATM). Pembaca ATM (magnetic stripe) dan key pad memungkinkan input ke sistem. Monitor dan printer (untuk mencetak transaksi) tersedia untuk output. Beberapa ATM menggunakan tanggapan suara sebagai monitor cadangan. Trerminal dengan fungsi khusus lain yang digunakan secara luas adalah Point Of Sale (POS). terminal POS mempuntai key pad untuk input, dan paling sedikit sebuah monitor dan printer untuk mencetak faktur.

2.  Alat Input dan Output Audio

terdiri dari audio add-on card dan MIDI interface. Audio add-on card adalah audio card yang disisipkan pada motherboard PC.  Suatu sistem komputer biasanya mengandung audio add-on card yang menyediakan kemampuan input dan output. Contoh sound card yang bagus biasanya merupakan audio add-on card yang disisipkan pada motherboard. Meskipun demikian ada beberapa mohterboard yang mempunyai sound card yang build in dalamnya. Kalau memang belum ada sound cardnya, atau membutuhkan sound card yang lebih bagus, anda perlu membelinya.

3.  Alat In-put dan Output Video

Alat input dan output dapat berupa video add-on card. Video capture card merupakan video add-on card yang disisipkan pada motherboard PC dan Mac. Video add-on card juga dapat mengambil input analog, misalnya kamera video analog dan kemudian dibuat digital serta dapat disimpan. Video yang telah berbentuk digital dapat dimanipulasi, diedit, dan digabungkan dengan aplikasi multimedia. Output dari video capture card ini dapat disimpan di pita, CD dan DVD serta di Web.

 B.       Fasilitas jaringan dan Komunikasi

Komunikasi data

adalah suatu perkawinan antara pengolahan data dan transmisi data. Komunikadi data merupakan pergerakan data dan informasi yang dikodekan dari suatu titik ke titik lain melalui peralatan listrik atau elektromagnetik. Dengan adanya teknologi komputer yang semakin canggih saat ini, komunikasi data dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan dengan munculnya telfon bergerak/wireless (tanpa kabel), komunikasi data berubah secara dramatis. Peralatan wireless menyebabkan komunikasi data menjadi lebih luas.

Network ( jaringan)

adalah peralatan komunikasi data dimana kesemuanya berhubungan satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan komunikasi.

Jaringan komputer data menurut jangkauan daerah dapat dibedakan menjadi 2 yaitu: Jaringan lokal (LAN) serta Jaringan Luas (Wide Area Network).

 (Local Area Network LAN)

Jaringan dengan area/daerah yang terbatas(lokal) misalnya diterapkan pada suatu gedung/ diantara beberapa gedung yang berdekatan.

Keuntungan memakai LAN adalah para pemakai dapat berbagi perangkat lunak, peralatan dan data.

Metropolitan Area Network (MAN)

Merupakan jaringan yang menghubungkan antar kantor dalam area suatu kota. Sistem telfon seluler memperluas fleksibilitas MAN dengan memungkinkan untuk tersambung ke telfon mobil dan telfon portabel.

Wide Area Network (WAN)

Adalah jaringan dengan area yang luas dengan beragam fasilitas komunikasi, seperti telfon jarak jauh, transmisi satelit, dan kabel bawah laut. WAN umumnya melibatkan host komputer dan beragam jenis perangkat keras dan perangkat lunak komunikasi. Contoh, WAN diterapkan antar lembaga / antar kantor pusat/ cabang didaerah lain, sistem pemesanan tiket penerbangan, dan jaringan internet.

WiFi

Teknologi WiFi merupakan tulang punggung jaringan warnet dan internet profesional Indonesia untuk mengatasi sulit dan mahalnya untuk memperoleh sambungan yang baik. WiFi Merupakan sambungan jaringan lokal dengan jarak sekitar 5 sampai dengan 10 km. dengan mudah menggunakan teknologi internet wireless Lan (WLAN)  pada frekuensi 2,4 GHz. 5,2 GHz. Dan 5,8 GHz yang standar sebagai Wireless Fidelity.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s