Perkembangan Piranti Komputer

Pengentar Teknologi Informasi

Pengentar Teknologi Informasi

Tujuan :   siswa mampu memahami perkembangan piranti komputer, elemen  sistem komputer, klasifikasi komputer, serta peranan teknologi informasi dalam berbagai aspek kehidupan.

A.    Penggolongan Peralatan Pengolahan Data

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa. Bagaimanapun juga alat pengolahan data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa digolongkan ke dalam 4 golongan besar :

  1. Peralatan manual

Peralatan anual yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga manusia.

  1. Peralatan mekanik

Peralatan mekanik yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.

  1. Peralatan mekanik Elektronik

Peralatan mekanik elektronikyaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh motor elektronik

  1. Peralatan Elektronik

Peralatan elektronik yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.

Dengan mengetahui perkembangan peralatan pengolahan data, kita dapat mengetahui perbedaan yang cukup mendasar yang membedakan komputer dengan peralatan mesin hitung, antara lain yaitu :

–          Komputer memiliki tempat untuk menyimpan data yang dapat menyimpan data dan instruksi program dalam jumlah besar.

–          Komputer dapat diprogram sehingga dapat melaksanakan pekerjaan tertentu secara terus menerus dan konsisten berdasarkan program yang ada.

–          Komputer tidak hanya dapa melakukan perhitungan saja melainkan juga dapat melaksanakan pekerjaan penyusunan urutan (sorting), pengambilan keputusan berdasarkan aturan/ logika tertentu.

  1. Komputer

Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan-aturan tertentu.

  1. C.    Perkembangan Alat Hitung (Komputer)

Perkembangan komputer tidak terlepas dari perkembangan alat hitung.

  1. Abacus/ Sempoa/ Swipoa

Pertama kali dikenal di Cina sejak tahun 2600 sebelum masehi, dikenal sebagai alat hitung yang dibuat secara sistematis. Di jepang juga digunakan alat hitung yang mirip dengan abacus yang diberi nama soroban. Di Eropa abacus diperkenalkan pada tahun 300 sebelum masehi. Bentuk abacus berupa rangkaian manik-manik yang tersusun pada batang sejajar yang dipasang membujur pada sebuah kerangka persegi panjang.

Untuk membentuk suatu nilai tertentu, manik-manik pada batang digeser kenuju ke batang melintang yang memisahkan kedua kelompok.

Contoh pemakaian abacus terdapat pada transaksi perdagangan.

  1. Mesin Hitung Pascal

Dikembangkan oleh Blaise Pascal pada tahun 1642 masehi. Sebuah mesin yang dapat melakukan operasi penambahan. Pada mesin tersebut terdapat roda-roda bergerigi dimana setiap gigi mewakili satu angka satuan 0 sampai 9. Roda-roda dihubungkan dalam suatu rangkaian, sehingga jika sebuah roda gigi berputar melampaui gigi yang mewakili bilangan 9, roda berikutnya disebelah kiri secara otomatis berputar satu gigi, berarti roda pertama menukar sepuluh gigi yang mewakili angka tersebut dengan sebuah gigi yang berada di sebelah kirinya. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh.  Mesin hitung pascal digunakan untuk perhitungan pajak. Kelemahan dari mesin hitung pascal adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan saja.

Mesin Hitung Leibnitz

Diciptakan oleh seorang ahli matematika asal Jerman bernama Gottfriend Leibnitz pada tahun 1694. Prinsip kerja mesin hitung pascal diperluas dengan membuah mesin penghitung yang dapat mengerjakan operasi perkalian dengan cara pengulangan penambahan dan pembagian dengan pengulangan pengurangan.

  1. Mesin Pelubang Kartu

Dirancang oleh Joseph M. Jacquard dari Perancis pada tahun 1745.Cara penggunaan lubang-lubang pada kartu punch (punch card) digunakan untuk mengontrol pola anyaman benang pada pabrik tekstil di Perancis.

Mesin Analisa

Ditemukan Charles Babbage pada tahun 1834. Mesin hiitung serbaguna yang dapat mengoperasikan perhitungan dengan fungsi perpangkatan dan logaritma. Disebut juga dengan difference engine. Yang kemudian dikembangkan menjadi karya kedua dengan nama Analytical Engine.

Diperlukan suatu tempat penyimpanan data pada mesin ini untuk menyimpan jumlah mill untuk kalkulasi dan perrasi yang mengarahkan jalannya mesin tersebut untuk bekerja dalam urutan yang otomatis.  Mesin ini mempunyai pusat logic (sekarang disebut CPU), memori dan unit kontrol. Charles Babbage memperkenalkan ide penyimpanan data, pengendalian berantai melalui bentuk pemrograman dan penyampaian hasil secara otomatis.

  1. Mesin Kartu Berlubang

Dikembangkan oleh Dr. Herman Hollerith dan Biro sensus Amerika Serikat pada tahun 1880. Digunakan untuk pengolahan data sensus dengan cara mengembangkan penggunaan punch card serta alat taulasi yang bekerja secara mekanik. Dengan cara merekam data pada kartu dalam bentuk lubang-lubang memungkinkan data di dalam media kartu dapat diolah secara berulang-ulang. Demikian juga mengenai pengkodean data yang disimbulkan dalam bentuk kombinasi lubang.

Sistem kartu-plong/ punched-card digunakan untuk memasukkan data sensus yang  kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Kartu berlubang juga berfungsi sebagai media penyimpan data.

  1. Komputer Z3

Dibangun oleh Konrad Zuse , seorang insinyur asal Jerman pada tahun 1943.

Dikembangkan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Negara –negara yang terlibat perang dunia kedua berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki computer, meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.

Harvard Mark I

Dikembangkan oleh Howard Aiken pada tahun 1937. Harvard Mark I merupakan mesin hitung otomatis yang seluruhnya dikendalikan oleh wired control panels dan bank of switches, tombol-tombol dan dial.

Howard H. Aiken bekerja dengan IBM (International Business Machines ) mengembangkan kalkulator elektronik, panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Komputer relai elektronik, menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Beroperasi dengan lambat (membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah), dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks

  1. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator )

Dirancang oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

Merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW, sudah mulai menyimpan data (stored program concept), Komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. yang terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder.

  1. EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Dikembangkan oleh John von Neumann pada tahun 1945.

Komputer yang dilengkapi sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama terdapat pada unit pemrosesan sentral (CPU) yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi sehingga proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

D.    Generasi Komputer

Komputer Generasi I ( 1951 – 1959)

Universal Automatic Calculator/ UNIVAC I dibuat oleh The Eckert Maunchly Computer pada tahun 1946. Merupakan komputer yang dibuat untuk tujuan komersil. Pembelinya adalah Biro sensus USA pada tahun 1951.

Beberapa ciri komputer generasi I adalah :

–          Komponen hardware yang digunakan berupa tabung hampa

–          Berukuran besar sehingga memerlukan tempat yang luas.

–          Cepat panas sehingga memerlukan alat pendingin yang kuat.

–          Kecepatan operasi relatif lambat dan kapasitas penyimpanan utama masih kecil.

–          Bahasa program komputer dibuat dalam bahasa mesin, penulisannya dengan menggunakan kode biner.

Komputer Generasi II (1955 – 1964)

Ditemukan teknologi transistor pada akhir tahun 1948 oleh Shockley dari perusahaan The Bell Telephone Laboratories. Alat ini dapat menggantikan tabung hampa di dalam perancangan rangkaian switching. Jadi fungsinya adalah sama dengan tabung hampa, tetapi bentuknya lebih kecil, harganya lebih murah, tidak terlalu panas dan hanya memerlukan sedikit arus listrik. Sejak tahun 1959 mulai dibuat komputer yang memakai peralatan transistor. Komputer generasi ini mempunyai ciri yang membedakan dengan komputer yang dibuat pada generasi sebelumnya.ciri tersebut antara lain :

–          Kecepatan operasi pengolahan lebih cepat.

–          Kapasitas penyimpanan utama lebih besar.

–     Mulai diperkenalkan bahasa pemrograman tingkat tinggi. (misal: COBOL, Fortran dsb)

Komputer Generasi III (1964 – 1970an)

Ditemukan dan dikembangkannya teknologi baru sejak tahun 1965, dianta penemuan tersebut adalah :

–          Transistor menghasilkan panas yang cukup besar sehingga berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer, oleh sebab itu digunakan batu kuarsa (quartz rock) . Jack Kilby (insinyur di Texas Instrument ) pada tahun 1948  mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit).

–          IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa

–          Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor

–          Komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip

–          Penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer

–          Integrated Circuit / IC digunakan sebagai pengganti discrete transistor circuit. Dengan penggunaan IC maka bentuk fisik komputer jauh lebih kecil.

–          Teknik multiprogramming mulai digunakan secara luas dalam rancangan prosesor yang berakibat bentuk prosesor makin sederhana tetapi mempunyai fleksibiitas yang makin tinggi.

–          Teknik pengolahan secara paralel(multiprogramming) dan pengolahan secara time-sharing dalam kapasitas prosesor serta ruang memori mulai digunakan.

 Komputer Generasi IV

Dilakukan pengecilan dalam ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik

–          Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip

–          Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

–          Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan

–          Turunnya harga dan ukuran komputer

–          Meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer

Chip Intel 4004 : meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil

 

  1. E.     Elemen Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer tersusun atas tiga elemen, yaitu :

  1. Hardware (perangkat keras), merupakan rangkaian elektronik yang secara garis besar terdiri atas komponen utama, yaitu :

a. Prosesor

Merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemrosesan arithmatik dan logika serta pengendalian operasi komputer secara keseluruhan. Secara fungsional bertugas untuk melakukan koordinasi pada sistem kerja komputer.

b. Memory

Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua, yaitu :

Primary Memory, digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM.

Karakteristik dari memori primer adalah : Volatil(informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpan juga hilang), kecepatan tinggi, akses random/acak.

Secondary Memory, digunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen.

Karakteristik dari memori sekunder adalah :Non volatil, kecepatan relatif rendah, akses random. Contoh memory sekunder adalah: floppy, hardisk, CD Room, magnerik tape, optical disk dsb.

c.  Input-Output Device

berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan lingkungan luar.

Contoh Input   Output device :  video add-on card, audio add-on card (audio card yang disisipkan pada motherboard PC)

Input Device : berfungsi sebagai media untuk memasukkan data kedalam komputer.Contoh : keyboard, mouse, touch screen, light pen, scanner dsb.

Output Device : berfungsi sebagai media untuk mengeluarkan/menampilkan hasil proses. Contoh: printer, video display, speaker, flat panel display/LCD

Disamping prosesor, memory serta input output device, komputer juga memiliki  media penyimpanan data yang terdapat didalam dan diluar komputer.

  1. Software (perangkat lunak)

Perangkat lunak merupakan program yang dijalankan pada komputer. Kemampuan suatu komputer antara lain diukur dari kemampuan perangkat lunaknya bukan dari bentuk dan keindahan fisik mesin komputernya. Oleh karena itu biasanya perusahaan komputer mengeluarkan biaya yang sangat besar untuk penelitian dan pengembangan kemampuan perangkat lunak tersebut

  1. 3.    Brainware (SDM)

Brainwaremerupakan orang-orang yang bekerja di dalam bidang komputer.

 F.     KLASIFIKASI KOMPUTER

Dalam perkembangannya komputer dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal

Pengklasifikasian komputer berdasarkan data yang diolah:

  1. Komputer Analog.

Komputer analog merupakan jenis komputer yang dibuat untuk mengolah data kualitatif seperti pengukuran temperatur udara, tegangan, kecepatan suara, dan lainnya. Komputer jenis analog sebenarnya merupakan komputer kenis lain yang dapat menutup kekurangan jenis digital. Komputer ini dirancang untuk dapat menangani isyarat analog yang bersifat kontinyu.

Contoh komputer analog : Amperemeter, Voltmeter, barometer, termometer dsb.

Komputer Digital

Komputer digital merupakan komputer yang dibuat untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif, berupa angka dan huruf. Komputer digital bekerja berdasarkan kode digital yang bersifat diskrit. Hanya ada dua kondisi yaitu on/off. Karena yang ada hanya dua kondisi maka konsep kode biner yang kebetulan menggunakan bilangan dasar 0 dan 1. Untuk mempersingkat penulisannya biasanya digunakan kode oktal, heksadesimal dan lainnya.

Contoh komputer digital : Calculator, Apple, komputer yang dilaboratorium dsb.

Komputer Hibrid

Komputer hybrid merupakan jenis komputer yang dipakai untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Kemungkinan yang diolah adalah data kuantitatif dan keluaran berupa hasil data kualitatif, begitu pula sebaliknya. Komputer hibrid sebenarnya merupakan penggabungan dari komputer digital dan komputer analog.

Diantara aplikasi dari komputer hibrid adalah simulasi perjalanan ruang angkasa, analisa kondisi jantung pasien.

Pengklasifikasian komputer berdasarkan kemampuan yaitu kecepatan dan kepasitasnya :

  1. 1.      Komputer Mikro

Lebih dikenal dengan sebutan Personal Computer (PC). Kemampuan paling kecil dan banyak digunakan untuk kepentingan pribadi. Akan tetapi pada kenyataannya karena perkembangan teknologi yang cepat, komputer mikro juga mengalami banyak peningkatan kemampuan, sehingga sekarang tidak hanya pribadi yang menggunakannya tapi juga organisasi. Komputer mikro dapat berupa komputer yang diletakkan diatas meja (desktop) ataupun yang portabel berbentuk laptop atau notebook. Selain digunakan sebagai terminal/ klien di client server sistem ( sistem komputer jaringan dengan komputer server menyediakan database dan program-program yang dihubungkan dengan komputer-komputer  klien berupa komputer mikro).  Kecepatan komputer mikro sekarang berkisar dari 100 MHz (misal komputer dengan mikroprosesor Pentium I) sampai dengan 1,75 GHz (misalnya Pentium IV)

2.      Komputer Mini, sebenarnya banyak digunakan sebagai server di client server system) yang ditingkatkan kemampuannya. Komputer mini yang terkenal sekarang adalah IBM AS 400.

3.      Komputer Mainframe, komputer ukuran besar yang dapat melayani banyak pemakai secara serempak dalam mendukung aplikasi perusahaan. Mainframe biasanya diasosiasikan dengan sistem perusahaan besar, yaitu sistem berbasis komputer yang melayani bagian-bagian dalam organisasi. Misalnya departemen sumber daya manusia, accounting manajemen persediaan, biasanya merupakan sistem perusahaan besar yang dikendalikan oleh mainframe berbasis jaringan

4.      Komputer Super, sebenarnya merupakan komputer mainframe yang kapasitasnya digandakan dengan menambahkan beberapa prosesor secara pararel. Oleh karena itu super komputer disebut juga dengan nama Pararel Processor Computer. Sampai dengan ratusan bahkan ribuan prosesor dapat dipasang secara pararel atau secara jaringan.  Komputer super banyak digunakan oleh lembaga-lembaga  bisnis, seperti misalnya adalah jaringan toko Wall Mart yang berada di Amerika Serikat. Ribuan toko Wall Mart tersebar di negara tersebut. Setiap toko mempunyai sistem informasi tersendiri dengan basis data yang cukup besar. Manajer dikantor pusat menginginkan informasi tentang perilaku konsumen secara terpadu dalam satu negara. Untuk keperluan ini diperlukan sistem informasi yang menampilkan peta AS dan toko-toko wallMart danmenunjukkan bagaimana perubahan perilaku konsumen terlihat antar toko/wilayah, semua data dikumpulkan dikantor pusat dan diolah bersama untuk menghasilkan informasi tersebut. Wallmart kemudian menggunakan super komputer yang mempunyai kepasitas simpanan yang besar dan kemampuan proses yang cepat.

Pengklasifikasian komputer berdasarkan Bidang Masalah

  1. General Purpose Computer

Digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah, baik masalah bisnis maupun ilmu pengetahuan. Aplikasi bisnis misalnya : pemrosesan order, analisa pasar saham dsb Aplikasi pengetahuan misalnya : analisis suara, analisis perhitungan darah dsb.

  1. Special Purpose Computer

Adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah, misalnya pengendalian lampu lalu lintas, pengendalian lalu lintas udara (misal informasi penerbangan, rute tujuan penerbangan, waktu pemberangkatan dsb)

 G.    Perkembangan Komputer di masa Mendatang

Komputer dimasa mendatang bisa jadi berbeda dengan komputer pada masa kini. Hal ini disebabkan adanya pengembangan prosesor ke berbagai arah. Tabel dibawah  memperlihatkan beberapa kemungkinan tentang hal itu. (William and Sawyer, 2003 dan Turban,dkk, 1999)

Arah Komputasi Masa Depan

Jenis Keterangan
Cip DSP Cip DSP (Digital Signal Processing) merupakan jenis cip yang ditujukan secara khusus untuk menangani pemrosesan suara dan video dengan kemampuan pemanipulasian yang sangat cepat. Dimasa mendatang cip seperti ini bisa jadi digunakan dalam komputer, misalnya untuk membantu sistem pendengaran manusia.
Komputasi Optik Komputasi dimasa mendatang bisa jadi tidak lagi menggunakan elektronika melainkan memakai optik/optoelektronik. Dengan demikian cahaya akan menggantikan elektron. Diharapkan komputasi optik dapat memproses ratusan kali lebih cepat daripada komputer berbasis elektris.
Komputasi DNA(biochip) Komputasi didasarkan kenyataan bahwa informasi dapat ditulis kesetiap molekul DNA. Dengan menggunakan bioteknologi, DNA sistetis dapat dipakai untuk merepresentasikan sejumlah simbul untuk menggantikan sistem biner

 H.    Keuntungan Penggunaan Komputer

Beberapa kemampuan komputer yang dapat dimanfaatkan antara lain adalah :

  1. Kecepatan

Kecepatan komputer dalam hal ini diantaranya adalah dalam perhitungaan, pencetakan, pengecekan kondisi, pemilihan data, pemilahan data, dan sebagainya.

  1. Kecermatan/ Accuracy

Perusahaan komputer yang memproduksi hardware/software telah meneliti dengan seksama tentang komputer yang diproduksi, dan biasanya komputer dilengkapi dengan indikator tertentu apabila mesin tidak dapat berjalan sesuai dengan spesifikasinya.

  1. Pelaksanaan Pekerjaan rutin secara terus menerus

Komputer dapat secara mandiri melakukan tugas pekerjaan yang sudah rutin dengan cepat.

Melaksanakan pekerjaan berdasarkan program, lebih dikenal dengan istilah programmable.

  1. Kemampuan menyimpan data

Kemampuan menyimpan data atau lebih dikenal dengan istilah memorizing capacity dimaksudkan komputer dapat menyimpan data dan mengolah dalam jumlah yang sangat besar.

  1. Kemampuan untuk memanfaatkan teknologi lain.

Komputer sebagai salah satu produk perkembangan teknologi elektronika dapat bekerja sama dengan hasil kemajuan teknologi lain, misalnya saja dengan teknologi komunikasi. Gabungan dari teknologi elektronik dan komunikasi dapat memungkinkan adanya komunikasi datapenggunaan file maupun program secara terpencar sehingga memungkinkan untuk mendukung tugas-tugas di berbagai bidang pekerjaan. Kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh komputer diantaranya adalah :

–          Penyimpanan data dalam jumlah besar

–          Perhitungan data  dalam waktu cepat

–          Pelaksanaan pekerjaan berdasarkan kondisi tertentu dengan konsisten

–          Pelaksanaan pekerjaan pemilihan dan pengklasifikasian data

–          Pembuatan rekapitulasi data

–          Pemindahan dan pertukaran data dan informasi dalam tempat yang terpisah jarak, dan lain sebagainya.

I.      Peranan Teknologi Informasi

Di dalam kebudayaan yang semakin maju, semakin terasa diperlukannya suatu alat yang mempunyai kemampuan untuk melakukan pekerjaan rutin, menghitung, menyimpan informasi dalam jumlah besar, mengambil data dengan cepat secara acak maupun berurutan, menyelesaikan pekerjaan yang rumit serta banyaknya perhitungan dalam waktu yang cepat. Dalam hal ini komputer dapat melaksanakan semua tugas pekerjaan tersebut.

Peranan teknologi informasi pada masa sekarang tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi, melainkan juga untuk kebutuhan perseorangan. Bagi organisasi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi perseorangan maka teknologi ini dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan.

Banyak hal yang terjadi seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Beberapa diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut ini.

TI dalam Dunia Perbankan

Salah  satu sisi yang berkembang dari sistem komputer dan aplikasinya dalam bidang perbankan adalah pengelolaan rekening nasabah, penghubungan data dari kantor cabang ke kantor pusat, penyusunan laporan keuangan oleh pihak bank, dan lain sebagainya. Dengan dukungan sistem komputer dan aplikasi komputer dalam bidang perbankan maka saldo rekening nasabah dapat diketahui secara cepat.

Adanya bank minded suatu budaya penggunaan uang dan kemudahan bagi seorang nasabah untuk menguangkan cek setiap saat, kapan saja dan dimana saja, akan semakin mendorong masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan. Seseorang yang melakukan traksaksi dapat menggunakan personal cheque sehingga apabila perlu uang tunai dapat segera menguangkannya pada tempat pencairan cabang terdekat. Komunikasi online dengan pusat komputer dapat dilaksanakan untuk mengambil data dari file induk, dalam hal ini mekanisme yang dilaksanakan dengan prinsip online reservation system.

Mulai tanggal 19 Januari 1987, Chase Manhattan Bank Jakarta mulai menggunakan mesin teller otomatis atau lebih dikenal dengan mesin ATM (Automatic Teller Machine). Dengan ATM tersebut Chase Manhattan Bank Jakarta memberikan kemudahan pelayanan dalam penarikan uang tunai dalam jumlah tertentu. Penyetoran cek lokal, penyediaan neraca rekening koran, serta melihat saldo rekening pada bank tersebut. Dengan sistem ATM dimungkinkan pelayanan 24 jam setiap hari, tujuh hari dalam seminggu juga termasuk didalamnya hari libur tetap dapat melayani pengambilan uang. Dengan nomor pengenal pribadi yang hanya diketahui oleh sistem komputer dan nasabah yang bersangkutan maka pelayanan dapat dilakukan setiap saat.

Cara kerja mesin ATM pada dasarnya adalah sebagai berikut :

–       Setiap nasabah dapat memiliki kartu pengenal pribadi yang didalamnya berisi kode dalam bentuk magnetis pada kartu.

–       Apabila nasabah memasukkan kartu kedalam mesin maka identitas nasabah akan di cek. Validasinya akan dihubungkan ke mesin tersebut oleh komputer.

–       Apabila ternyata identitas tidak sesuai dengan ketentuan maka kartu akan ditolak (keluar dari mesin). Proses pemasukan identitas dapat diulang lagi hingga tiga kali. Lebih dari itu jika terdapat kesalahan maka kartu akan masuk ke dalam mesin dan tidak dikembalikan.

–       Apabila identitas sesuai dengan ketentuan maka nasabah pemegang kartu dapat melakukan pengambilan uang.

Tak puas dengan model pelayanan seperti itu, pihak bank juga mengembangkan layanan dengan telepon, yang memperkenankan nasabah memeriksa saldo tabungan dan berinteraksi dengan mesin yang siap melayani kapan saja. Tentu saja langkah bank tak berhenti sampai disitu. Dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet, nasabah mulai dimanjakan dengan kemudahan untuk melakukan transaksi, misalnya melakukan transfer uang. Seorang bapak yang menjadi nasabah bank cukup duduk menghadap komputer yang ada di rumahnya, mengakses situs bank, dan kemudian dengan mudah dapat mentransfer uang ke rekening anaknya. Dalam sekejap saldo tabungan anaknya telah bertambah dan proses itu bisa dilakukan di waktu tengah malam ketika sebagian besar orang sedang lelap. Contoh situs bank BCA dengan alamat www.klikbca.com

Masih banyak aplikasi lain dalam dunia perbankan yang menanfaatkan teknologi Informasi. Beberapa bank memperkenalkan layanan yang disebut layanan bergerak, yang memungkinkan pemakai mengecek saldo tabungan ataupun melakukan transaksi seperti pemindah-bukuan melalui ponsel.

TI dalam Dunia Pendidikan

Teknologi informasi juga dapat melahirkan fitur-fitur baru dalam dunia pendidikan. Sistem pengajaran berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara, dan video) dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Murid atau mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi program berbasis multimedia. Kini telah banyak perangkat lunak yang tergolong sebagai edutainment yang merupakan perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan).

Teknologi Internet ikut berperan dalam menciptakan e-learning atau pendidikan jarak jauh. Kuliah tidak lagi harus dilakukan dengan suasana kelas di mana mahasiswa dan dosen bertemu. Kuliah dapat dilaksanakan dengan mengakses modul – modul kuliah dari jarak jauh. Begitu pula untuk pengiriman tugas dan berdiskusi. Para mahasiswa dengan leluasa dapat mengatur waktu untuk belajar, kapan saja dan di mana saja.

TI dalam Dunia Medis

Teknologi informasi juga diaplikasikan pada bidang medis. Banyak rumah sakit yang menggunakan sistem informasi untuk menangani transaksi yang berhubungan dengan karyawan, juru medis, dan pasien. Sebagai contoh, sistem informasi digunakan untuk mencatat rekaman medis pasien secara elektronis. Sistem informasi terkadang diperluas tidak hanya untuk pemakai internal, melainkan juga untuk pemakai eksternal (pengunjung). Untuk mencari informasi tentang seorang pasien (misalnya apakah si pasien masih menginap di rumah sakit atau tidak, serta ada di kamar mana), pengunjung dapat berinteraksi secara langsung dengan terminal yang disediakan untuk keperluan itu.

Teknologi informasi juga diterapkan pada peralatan-peralatan medis, misalnya pada CT scan (Computer Tomography). CT scan adalah peralatan yang mampu memotret bagian dalam dari seseorang tanpa dilakukan pembedahan, yakni dengan menggunakan teknologi sinar X.

Dengan mengetikkan sepenggal nama, sistem informasi akan segera menyajikan informasi tentang pasien yang memenuhi kriteria pencarian.

 

TI dalam Dunia Penerbangan

Peranan Teknologi Informasi dalam bidang penerbangan diantaranya dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Real Time Reservation

Sistem penjualan tiket dan reservasi penerbangan yang disediakan untuk melayani calon penumpang secara serentak melalui beberapa agen. Hal ini dapat dilaksanakan karena setiap kali terdapat permintaan reservasi atau booking penerbangan maka file komputer sentral sudah langsung mencatat reservasi secara real time sehingga agen yang lain dapat langsung mengetahui.

  1. Flight Scheduling

Jika sebuah bandara yang sibuk dengan kegiatan penergangan pesawat maka jadawal penerbangan dan pendaratan pesawat diatur dengan sangat ketat. Apabila terjadi perubahan jadwal pada salah satu penerbangan, maka akan besar akibatnya pada penerbangan yang lain maupun kepada calon penumpang. Dalam hal ini tanpa sistem komputer akan sulit untuk segera mengadakan penyesuaian.

  1. Flight Progress Checks

Ketika pesawat terbang melakukan penerbangan, kondisi sekelilingnya dapat berubah dengan sangat cepat. Pilot hanya memiliki reaksi terbatas terhadap perubahan yang terjadi untuk dapat mengatasi perubahan yang berlangsung secara terus menerus dan mendadak, Komputer yang berada pada “air trafific control base” mempunyai peranan yang sangat besar. Melalui sistem komunikasi yang ada seorang pilot mendapatkan informasi mengenai apa yang harus dilakukan.

  1. Itenarary Changes

Ketika melakukan perjalanan jarak jauh biasanya kita menggunakan beberapa penerbangan yang masing-masing sudah terjadwal. Sebagai contoh jika kita melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bostob Amerika Serikat. Katakanlah dari Jakarta ke Singapura kita menggunakan Singapura Air Line, kemudian dilanjutkan ke Hongkong dengan Cathay Pasific, perjalanan berlanjut ke Tokyo menggunakan Jepang Air Line dan selanjutnya menuju Boston Amerika Serikat menggunakan PANAM. Tanpa dukungan sistem komputer dan sistem telekomunikasi yang baik antar perusahaan penerbangan, maka akan sulit jika ada perubahan mendadak mengenai jadwal penerbangan atau atas kehendak calon penumpang.

 TI untuk Kepolisian

Kepolisian menggunakan teknologi informasi untuk melakukan berbagai aktivitas. Contoh yang umum adalah pemanfaatan teknologi informasi untuk membuat SIM (surat izin mengemudi). Dengan menggunakan teknologi informasi,  yang melibatkan komputer, kamera digital, perekam sidik jari, dan pecetak kartu SIM,dimungkinkan untuk membuat SIM hanya dalam waktu singkat.

Teknologi kompresi gambar memungkinkan sidik jari dapat disimpan secara elektronis dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tidak terlalu menyita ruang dalam media penyimpan, sedangkan teknologi pencocokan pola (pattern recognition) dapat digunakan untuk memudahkan pencarian sidik jari yan tersimpan dalam basisi data.

Teknologi pengenalan wajah (face recognition) dapat digunakan untuk mengenali wajah-wajah para pelaku tindak kriminal yang telah tersimpan dalam basis data didasarkan oleh suatu sketsa wajah atau foto. Departemen kepolisian di California menggunakan basis data yang disebut Law Enforcement Automated Data System (LEADS) untuk melacak para mantan napi dan mencocokan dengan cepat terhadap foto tersangka (Turban, Maclean, dan Wetherbe, 1999, hal. 23).

TI untuk Pengawasan Lalu Lintas

Pengaturan kesibukan lalulintas jalan terutama dikota besar, persimpangan jalan, umumnya dilakukan dengan memakai lampu lalulintas konvensional atau dijaga oleh petugas polisi lalu lintas. Komputer dalam hal ini dapat digunakan sebagai alat untuk pengawasan dan pengatur lalulintas melalui tombol lampu. Para operator di pusat pengawasan dapat mengawasi lalulintas melalui kamera televisi. Disini sistem komputer dapat memperhitungkan perubahan dari setiap menit kepadatan lalulintas dipersinpangan jalan. Komputer pengawas menyimpan rekaman kepadatan lalulintas dan merekam gambaran kepadatan lalulintas yang sedang berlangsung serta pengaturan waktu untuk lampu lalulintas. Rekaman diperlihatkan pada sebuah peta tampilan kepada para operator. Sementara itu dalam memori komputer terdapat juga program untuk mencocokkan pengaturan waktu arus lalulintas dijalan utama yang berbeda terus dari waktu ke waktu. Program komputer akan mengatur pengelolaan lalulintas dengan informasi yang diperoleh dari masuknya jumlah kendaraan yang lewat sehingga dapat dihitung antara menyala lampu merah kuning hijau pada persimpangan jalan

.TI Untuk Perdagangan

Selama ini kita mengenal sistem komputer dalam bidang perdagangan melalui beberapa jenis fasilitas. Beberapa diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut ini.

  1. Pada Pasar Swalayan pemasukan data tidak hanya dilakukan dengan melalui pengetika keyboard melainkan juga menggunakan scanner yang dapat membaca masukan berupa kode barang berwujud garis-garis tanda pengenal yang biasa disebut UPC (Universal Product Code). Pada fasilitas ini di dalam sistem komputer sudah tersedia file yang berisi tabel harga-harga barang sekaligus jumlah persediaan barang tersebut. Cara kerja sistem pengolahan UPC ini pada dasarnya dengan cara membaca kode barang berupa simbol UPC dengan sistem sinar cahaya yang dipantulkan kedalam alat yang peka cahaya misalnya fotosel atau photo multiplier. Sinyal tersebut kemudian diubah menjadi gelombang arus listrik berbentuk sinyal analog yang dengan digitizer diubah menjadi sinyal digital untuk diproses sistem komputer. Dengan cara demikian maka harga barang dapat diketahui.
  1. E-commerce merupakan model perdagangan yang lahir berkat kemajuan Internet. Melalui jaringan raksasa ini, transaksi secara elektronis telah menjadi pilihan yang menarik bagi organisasi dan perorangan. Organisasi bisnis dapat menyediakan situs Web untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dan memberikan fasilitas cukup dengan menggunakan komputer, tanpa harus bertemu secara langsung dengan pihak penjual. Pembayaran bisa dilakukan melalui kartu VISA atau semacam itu. Amazon.com (www.amazon.com) merupakan contoh pelopor bisnis penjualan buku secara online. Kini tidak hanya buku yang bisa dibeli secara online, melainkan juga produk-produk seperti komputer, peralatan jaringan, hingga ke biji tanaman Lotus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s