Generasi Komputer

Tujuan : siswa dapat memahami ciri-ciri perkembangan generasi komputer

Generasi Pertama (1940 – 1959)

Komputer-komputer generasi pertama menggunakan ribuan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Sehingga ukurannya sangat besar dan mahal.

Contoh komputer generasi pertama yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) diciptakan oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

Perkembangan yang paling dihargai ialah pertama kali komputer menyimpan memori di dalamnya, yang dikenal sebagai konsep penyimpanan program(stored program concept). Konsep yang ditemukan oleh John von Neumann ini juga menitikberatkan penggunaan nomor binari untuk semua tugas pemprosesan dan penyimpanan.

Dr. Mauchly dan Eckert juga membantu terbentuknya komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang mengurangi penggunaan tabung-tabung vakum.
Perhitungan menjadi lebih cepat daripada ENIAC.
EDVAC menggunakan sistem nomor binari dan konsep penyimpanan program.
Komputer EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan memori. Cara ini didapati lebih ekonomis daripada tabung vakum. Tapi pada dasarnya ia masih dianggap terlalu mahal.
EDSAC dikembangkan oleh University Cambridge, England.
Pada tahun 1951 Dr. Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC I (Universal Automatic Calculator) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
Generasi Kedua (1959 -1964)

Komputer-komputer genarasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung-tabung vakum, menjadikan ukuran komputer lebih kecil dan murah.

Kemunculan FORTRAN dan COBOL menandakan permulaan bahasa tingkat tinggi.

Komputer DEC PDP-8 ialah minikomputer pertama yang diciptakan pada tahun 1964 untuk memproses data-data perniagaan. Komputer lainnya dalam generasi ini ialah IBM 7090 dan IBM 7094.

Generasi Ketiga (1964 – awal 80-an)

Chip mulai menggantikan transistor, dimana chip ini terdiri dari ribuan transistor didalamnya yang proses pembuatannya disebut large scale integration(LSI). Sehingga komputer menjadi lebih kecil ukurannya.

Mikrokomputer yang popular yaitu Apple II, IBM PC, NEC PC dan Sinclair.

Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC, Pascal.

Generasi Keempat

Chip masih digunakan untuk pemprosesan dan menyimpan memori. Ia lebih maju, mengandung beratusribu komponen transistor didalamnya. Proses pembuatan chip teknologi tinggi ini disebut very large scale integration(VLSI).

Memori utama komputer menjadi lebih besar.

Lahirnya superkomputer yang lebih cepat dibandingkan komputer mainframe.

Generasi Kelima (masa depan)

Komputer generasi ini mempunyai lebih banyak unit pemproses yang berfungsi secara bersamaan untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas dalam satu waktu.

Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang amat besar agar mampu menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks.

Unit pemprosesan pusat(CPU) juga mampu berfungsi seperti otak manusia.

Komputer impian ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, mengenali keadaan sekeliling melalui penglihatan dan dapat mengambil keputusan tanpa pengawasan manusia. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “artificial intelligence”.

contoh  : Tri book dengan tiga konsep layar ultra lebar, dengan spesifikasi 8x superdrive,MacBook Pro-Calibre CPU, plus keyboard

multitouch trackpad

                   Icom dengan konsep desain all-in-one multimedia komputer.Tersambung ke internet dengan jaringan wi-fi
                   I-FreeZe : Dilengkapi dengan 30 inchi layar LCD yang menjadi transparant ketika tidak digunakan.Keyboard menggunakan
                  kunci cahaya illuminated

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s