Kontribusi Computer Based Information System

Kontribusi CBIS

Saat ini sistem informasi merupakan isu yang paling penting dalam pengendalian manajemen. Hal ini disebabkan karena tujuan dari pengendalian manajemen adalah untuk membantu manajemen dalam mengkoordinasi sub unit- sub unit dariorganisasi dan mengarahkan bagian-bagian tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan.

Dua hal yang menjadi perhatian dari definisi diatas adalah mengkoordinasi dan mengarahkan. Tentu saja dalam dua proses tersebut diperlukan satu sistem agar proses koordinasi dan pengarahan dapat berjalan secara efektif sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

Manfaat utama dari perkembangan sistem informasi bagi sistem pengendalian manajemen adalah :

  • Penghematan waktu (time saving)
  • Penghematan biaya (cost saving)
  • Peningkatan efektivitas (effectiveness)
  • Pengembangan teknologi (technology development)
  • Pengembangan personel dalam perusahaan

Dengan berbagai manfaat dan kontribusi yang diberikan tersebut, diharapkan setiap perusahaan dapat bertahan dalam arena kompetisi yang semakin ketat.

Para Spesialis Informasi

Kita menggunakan istilah spesialis informasi untuk menggambarkan pegawai yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer.

Terdapat 5 golongan utama spesialis informasi yang terdiri dari :

  1. Analis sistem
  2. Pengelola database
  3. Spesialis jaringan
  4. Programmer
  5. Operator

Analis SistemBekerja sama dengan pemakai mengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistem yang sekarang ada. Analis sistem adalah pakar dalam mendefinisikan masalah dan menyiapkan dokumen tertulis mengenai cara komputer membantu pemecahan masalah.

Pengelola database

Bekerja sama dengan pemakai dan analis sistem menciptakan database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai.

Database adalah kumpulan data komputer yang terintegrasi, diatur dan disimpan menurut suatu cara yang memudahkan pengambilan kembali.

Spesialis Jaringan

Bekerja sama dengan analis sistem dan pemakai membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber daya komputer yang tersebar. Spesialis jaringan menggabungkan keahlian bidang komputer dan telekomunikasi.

Programmer

Menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analis sistem untuk membuat kode instruksi yang menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yang diperlukan pemakai.

Operator

Bertugas mengoperasikan peralatan komputer yang telah diisi program yang siap dijalankan.

Kecenderungan Menuju End User Computing

Akhir tahun 1970 dimulai suatu kecenderungan yang berpengaruh pada penggunaan komputer. Kecenderungan ini adalah meningkatnya minat pemakai dalam mengembangkan aplikasi komputer mereka sendiri. Nama yang diberikan untuk situasi ini adalah End Using Computing, yang berarti pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai.

Apa yang mendorong End User Computing [EUC]

EUC berkembang karena 4 pengaruh utama, yaitu :

  1. Meningkatnya pengetahuan tentang komputer.

Berbagai tingkatan manajemen terutama ditingkat bawah mulai diisi oleh o rang-orang yang menguasai komputer.

  1. Antrian jasa informasi.

Para pemakai mulai meminta jasa informasi dari para spesialis informasi untuk dukungan sistem tambahan, unit jasa informasi tidak dapat menanggapi dengan cepat dan terjadi timbunan pekerjaan yang menunggu untuk diolah oleh komputer

1. Perangkat keras yang harganya semakin murahBanyaknya jumlah prangkat keras yang beredar di pasar dengan harga yang relatif murah.

  1. Perangkat Lunak Jadi

Baik perusahaan perangkat keras maupun perangkat lunak memproduksi perangkat lunak yang mampu melaksanakan tugas-tugas akuntansi dasar. Perangkat lunak ini menawarkan kemudahan penggunaan dan memampukan perusahaan dan pemakai individu untuk menerapkan sistem berbasis komputer.

Dimana Para Manajer Ditemukan ?

Manajer dapat ditemukan dimana-mana, tetapi terlu disadari bahwa mereka ada diberbagai tingkatan dan bidang fungsional dalam perusahaan.

Tingkat Perencanaan Strategis

Tingkat Pengendalian Manajemen

Tingkat Pengendalian  Operasional

Tingkat Perencanaan Strategis

:seperti direktur dan wakil direktur. Menunjukkan pengaruh atas keputusan yang diambil dari seluruh organisasi selama kurun waktu tertentu.

Tingkat Pengendalian Manajemen

:seperti manajer wilayah, direktur produk, kepala divisi. Tanggung jawab mereka mengubah rencana menjadi tindakan&memastikan tercapainya tujuan.

Tingkat Pengendalian Operasional

:seperti kepala departemen supervisor, pemimpin proyek.  Bertanggungjawab menyelesaikan rencana yang telah ditetapkan oleh manajer ditingkat yang lebih tinggi.

Manajer pada semua tingkatan terlibat dalam perencanaan, tetapi rencana para manajer tingkat tertinggi menjangkau jauh kedepan. Rencana-rencana strategis ini menyatakan apa yang akan dicapai perusahaan dalam lima, sepuluh tahun yang akan datang atau lebih, dan menguraikan bagaimana tujuan-tujuan tersebut akan dicapai.  Setelah paraa eksekutif mempersiapkan rencana strategis bagi perusahaan, rencana-rencana serupa dibuat untuk tiap bidang fungsional. Rencana strategis fungsional menggambarkan bagaimana tiap bidang fungsional akan memberikan kontribusi pada tercapainya tujuan perusahaan

Terdapat 5 Fungsi Utama Manajer :

  1. Merencanakan [plan] apa yang akan mereka lakukan
  2. Mengorganisasikan [organize] untuk mencapai rencana tersebut
  3. Menyusun staf organisqasi dengan sumber daya yang diperlukan [staf]
  4. Dengan sumber daya yang ada, manajemen nengarahkan [direct] untuk melaksanakan rencana.
  5. Akhirnya mereka mengendalikan sumber daya, dan menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal [control]

Keahlian Manajer

Seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada 2 keahlian yang mendasar yaitu :

  1. Komunikasi, manajer berkomunikasi dengan bawahan atau atasan atau orang-orang lain dalam perusahaan atau luar perusahaan.
  2. Pemecahan masalah, membuat perubahan-perubahan pada operasi perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya. Selama proses pemecahan masalah, manajer t4erlibat dalam pengambilan keputusan yaitu tindakan memilih dari berbagai alternatif tindakan.

Umumnya manajer perlu membuat keputusan ganda dalam proses memecahkan suatu permasalahan.

Keputusan sendiri merupakan suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.

Mengelola CBIS

Walaupun banyak orang mungkin menyumbangkan keahlian khusus mereka untuk mengembangkan sistem berbasis komputer, pemakailah yang bertanggung jawab atas siklus hidup sistem / subsistem CBIS [yang terdiri dari: Perencanaan, Analisis, Rancangan, Penerapan, Penggunaan]. Sesuai dengan penekanan kita pada manajer sebagai pemakai, tanggung jawab untuk mengelola CBIS ditugaskan pada manajer. Yang menjadi manajer dari unit organisasional dimana komputer tersebut dipakai dan diterapkan, dan dapat ditempatkan dimana saja dalam perusahaan tersebut. Seiring berkembangnya CBIS, manajer merencanakan siklus hidup dan mengatur para spesialis informasi yang terlibat. Setelah penerapan, manajer mengendalikan CBIS untuk memastikan bahwa sistem tersebut terus menyediakan dukungan yang diharapkan atau tetap berjalan. Ketika manajer memilih untuk memanfaatkan para spesialis informasi, manajer dan para spesialis informasi bekerja sama untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah, mengidentifikasi dan mengevaluasi solusi alternatif, memilih solusi terbaik, merakit perangkat keras dan perangkat lunak yang sesuai, menciptakan database, menjaga kemutakhiran sistem.

Tahap Perencanaan

  1. Tahap Analisis
  2. Tahap Rancangan
  3. Tahap Penerapan
  4. Tahap Penggunaan

Sebagian besar perusahaan telah sepenuhnya tergantung pada sistem pengolah data berbasis komputer dan tidak dapat menangani transaksi satu haripun tanpanya. Sebagian perusahaan juga telah mencapai sistem yang menyediakan informasi pemecahan masalah, mempercepat arus komunikasi dan keahlian yang lain.

Siapakah para pemakai Output komputer

Komputer digunakan untuk mengolah data sehingga menghasilkan informasi yang dapat digunakan oleh beberapa pihak untuk pemecahan masalah dan mempercepat arus komunikasi. Mereka diantaranya adalah :

  1. Manajer
  2. Non manajer
  3. Orang-orang dan organisasi dalam lingkungan perusahaan

Materi Presentasi dapat didownload pada Kontribusi CBIS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s