MODEL SISTEM PERUSAHAAN & PENDEKATAN SISTEM

Tujuan :

  • Mengetahui apa itu model
  • Mengetahui empat macam model yang mewakili permasalahan yang akan dipecahkan
  • Mengetahui model sistem umum perusahaan
  • Mengetahui empat dimensi informasi yang membuat informasi berharga
  • Dapat menggunakan model sistem umum sebagai dasar untuk memahami dan mengevaluasi berbagai jenis organisasi

MODEL

Model adalah penyederhanaan dari sesuatu. Model mewakili sejumlah objek atau aktifitas yang disebut entitas. Manajer menggunakan model untuk mewakili permasalahan yang akan dipecahkan. Terdapat empat (4) jenis model, yaitu :

  1. Model Fisik
  2. Model naratif
  3. Model Grafik
  4. Model Matematika

Penjelasan untuk masing-masing model adalah sebagai berikut :

  1. Model Fisik

Adalah penggambaran entitas atau aktivitas dalam bentuk 3 dimensi. Model fisik yang digunakan dalam dunia bisnis misalnya : maket pusat perbelanjaan atau prototype mobil baru.

      Model fisik membantu suatu tujuan yang tidak dapat dipenuhi oleh benda nyata. Contohnya, investor pusat perbelanjaan dan pembuat mobil dapat membuat sejumlah perubahan dengan lebih murah melalui rancangan model fisik mereka dibandingkan dengan produk akhir.

      Dari empat jenis model, model fisik mungkin memiliki nilai paling kecil bagi para manajer bisnis. Umumnya seorang manajer tidak perlu melihat sesuatu hal dalam bentuk tiga dimensi untuk memahaminya atau menggunakannya dalam pemecahan masalah

2. Model Naratif

Ada satu jenis model yang digunakan manajer setiap harinya, namun jarang dikenali sebagai suatu model. Ini adalah model naratif, yang menggambarkan entitasnya secara lisan atau tulisan. Pendengar atau pembaca dapat memahami entitas dari narasi atau cerita. Semua komunikasi adalah model naratif, sehingga model naratif merupakan jenis model yang paling populer

3.Model grafik

Jenis model lain yang terus digunakan adalah model grafik. Model grafik mengambarkan entitasnya dengan sejumlah garis, simbol atau bentuk. Model grafik digunakan dalam bisnis untuk mengkomunikasikan informasi. Banyak laporan tahunan perusahaan kepada para pemegang saham berisi grafik-grafik berwarna untuk menyampaikan kondisi keuangan perusahaan. Grafik juga digunakan untuk mengkomunikasikan informasi kepada para manajer.Model grafik juga digunakan dalam rancangan sistem informasi. Banyak peralatan yang digunakan oleh analis sistem dan programmer yang bersifat grafik. Bagan arus (flowchart) dan diagram  arus data (Data flow diagram) adalah contohnya

4. Model matematika

Sebagian besar perhatian dalam pembuatan model bisnis (business modeling) saat ini tertuju pada model matematika. Semua rumus/ persamaan matematika adalah suatu model matematika.

KEGUNAAN MODEL

1     Mempermudah pengertian

Tiap jenis model rinciannya dapat berbeda. Model fisik menggambarkan bentuk objek yang ingin dipelajari. Narasi dapat diolah menjadi ikhtisar. Diagram hanya dapat menunjukkan hubungan-hubungan utama, dan persamaan matematika berisi unsur-unsur primer / rumus-rumus perhitungan.

2        Mempermudah komunikasi

Ke empat jenis model dapat mengkomunikasikan informasi secara cepat dan akurat kepada orang-orang yang mengetahui makna dari bentuk, kata-kata, grafik, dan rumus matematika.

3        Memperkirakan masa depan

Model matematika dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi tidak seratus persen akurat. Tidak ada model yang sehebat itu. Karena banyak data yang dimasukkan ke dalam model biasanya di dasarkan atas berbagai asumsi, manajer harus menggunakan pertimbangan dan intuisi untuk mengevaluasi model.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s